Desember 08, 2016

Lembaga Penjaminan mutu (LPPMP)

Organisasi penjaminan mutu Universitas Tadulako didirikan pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 3179/H28/KL/2008 tentang Pembentukan Organisasi Penjaminan Mutu Universitas Tadulako yang diberi nama Pusat Penjaminan Mutu Universitas Tadulako (PPM UNTAD). Tugas pokok PPM UNTAD adalah merancang dan mengimplementasikan proses baku dan alternative untuk meningkatkan kualitas Universitas Tadulako.

     Dalam menyelenggarakan tugas-tugas penjaminan mutu di Universitas Tadulako, organisasi PPM UNTAD dipimpin oleh seorang Ketua PPM dibantu oleh seorang Sekretaris. Berdasarkan identifikasi objek kegiatan maka PPM UNTAD dilengkapi pula dengan empat devisi, masing-masing adalah:

  1. Divisi Dokumen Mutu (Divisi I)
  2. Divisi Strategi, Implementasi, Pengukuran, dan Pengembangan Mutu (Divisi II)
  3. Divisi Monitoring, Penilaian, Evaluasi, dan Rekomendasi (Divisi III)
  4. Divisi Peningkatan Kesadaran dan Kapasitas Sumber Daya Manusia (Divisi IV).

       Pada tahun 2011 PPM UNTAD mengalami peninjauan yang disusul dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 3107/UN28/KP/2011 tentang Pemberhentian/Pengangkatan Pengelola Pusat Penjaminan Mutu Universitas Tadulako. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, struktur organisasi tidak mengalami perubahan kecuali personil pengelola yang mengalami penggantian dan pimpinan dari Ketua PPM UNTAD berubah menjadi Direktur PPM UNTAD.

     Seiring dengan tuntutan perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan kemasyarakatan baik lokal, regional, maupun global yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan dunia akademik di perguruan tinggi, Universitas Tadulako menyadari bahwa penjaminan mutu bukan saja sekedar kewajiban tetapi juga telah merupakan kebutuhan institusional. Kesadaran tersebut merupakan komitmen Rektor Universitas Tadulako dalam pengelolaan mutu perguruan tinggi yang ditandai dengan kebijakan revitalisasi dan fungsionalisasi PPM UNTAD. Komitmen rektor yang ditindak lanjuti dengan diusulkannya pembentukan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNTAD, membuahkan respons Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan dikeluarkannya Permendikbud Nomor 70 Tahun 2012 tentang OTK Universitas Tadulako, yang di dalamnya memuat tentang perubahan PPM UNTAD menjadi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Tadulako.Sehubungan dengan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2012 tertanggal 12 November 2012 yang disusul dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Tadulako Nomor 6309/UN28/KP/2012 tanggal 26 Desember 2012, maka terhitung sejak tanggal 27 Desember 2012 PPM UNTAD resmi menjadi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Tadulako (LPPMP).Organisasi LPPMP UNTAD yang dipimpin oleh Ketua LPPMP UNTAD bertugas untuk melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi kegiatan pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan di Universitas Tadulako.

 Di dalam melaksanakan tugas kelembagaan, LPPMP UNTAD dilengkapi dengan Empat Pusat yaitu:

  1. Pusat Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Pengembangan Karir, dan Tracer Study (PUSBANG SISPMP-PK-TS)
  2. Pusat Pengembangan dan Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran (PUSBANG PMPP)
  3. Pusat Audit dan Evaluasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PUSDIT EPMP).
  4. Pusat Pengembangan Kurikulum Dan Sumber Belajar (Pusbang-KSB)

    Untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari LPPMP UNTAD juga dilengkapi dengan kelompok fungsional yang terdiri dari tenaga dosen dan tenaga administrasi dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha. Periode kepemimpinan penjaminan mutu di Universitas Tadulako sejak didirikannya pada tahun 2008 sampai saat ini adalah sebagai berikut:

  1. T.A.M. Tilaar, M.Si. (Ketua PPM UNTAD 2008 – 2011)
  2. Muhammad Nur Ali, M.Si. (Direktur PPM UNTAD 2011 – 2012)
  3. Muhammad Nur Ali, M.Si. (Ketua LPPMP 2012 – sekarang).

 

Website:http://lppmp.untad.ac.id