Desember 03, 2016

Kuliah Tamu : “Membumikan Filsafat Ekonomi”

Kuliah tamu yang dilaksanakan oleh Program Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan kerja sama dengan Program Studi S3 Ilmu Ekonomi Pasca Sarjana mengangkat tema “Membumikan Filsafat Ekonomi.” Dengan menghadirkan pemateri Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, yaitu Prof.Dr. F.X Sugianto.Dr. Hairil Anam, SE., MS selaku Ketua Panitia Kuliah Tamu menyampaikan, “Dari tema yang diangkat yakni Filsafat Ekonomi sangatlah menarik karena dua hal yang berbeda yaitu filsafat disatu sisi itu diawang-awang dan sekarang kita mau tarik ilmu filsafat itu turun kepenerapan dan aplikasi serta dalam hal ini adalah kebijakan-kebijakan Ekonomi.”

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan salah satu syarat yang terdapat pada borang yaitu bagaimana membangun jejaring, diantaranya yaitu mendatangkan Kuliah Tamu dari berbagai Universitas dalam dan luar negeri.

Harapan yang hendak dicapai sehingga dilangsungkan kegiatan ini agar Mahasiswa S1 menangkap pemahaman filosofi dari Ilmu Ekonomi dan bagaimana menerapkannya. Sementara Mahasiswa Program S3 dapat pula menerapkan dan mengaplikasikannya. Jadi bagaimana filsafat pada tingkat ide dapat diturunkan atau diaplikasikan pada tingkat kebijakan Ekonomi. Serta bagaimana menggairahkan atmosfir akademik di Universitas Tadulako supaya suasana akademik bisa terbangun terus menerus, karena salah satu ukuran suatu program studi atau Universitas adalah bagaimana gairah akademik di Program Studi atau Universitas itu.

Ketua Panitia yang juga merupakan Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan  Fakultas Ekonomi ini juga menjelaskan bahwa, “kegiatan kuliah tamu rutin dilakukan setiap semester yang dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Ekonomi dan Pembangunan. Dengan melihat peluang seperti Prof. Gi berada di Palu, maka kami mengundang beliau. Karena di program studi kami untuk mendatangkan secara penuh dosen-dosen dari luar kami tidak punya dana, jadi kami selalu membuat jejaring untuk mendapatkan informasi dari banyak pihak dan teman-teman maka kami terus menangkap peluang itu karena kalau mau mendanai sendiri tidak mencukupi dana yang tersedia di program studi.”

Kegiatan yang dilangsungkan pada hari Rabu (27/08/14) bertempat di Gedung Media Center Untad. Pesertanya adalah Mahasiswa S3, Pascasarjana dan Mahasiswa S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Tadulako sebanyak 120 Orang. Turut serta dosen-dosen Fakultas Ekonomi dan juga dari berbagai jurusan yang nantinya akan diberikan sertifikat. YL

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *