November 20, 2017

Kenalkan Fisika Secara Menyenangkan, HIMAFI Untad Selenggarakan Physic Active Days 2017

Kenalkan Fisika Secara Menyenangkan, HIMAFI Untad Selenggarakan Physic Active Days 2017

Dalam rangka memperkenalkan pelajaran Ilmu Fisika secara menyenangkan, Himpunan Mahasiswa Fisika FMIPA Untad menggelar acara Pembukaan Kompetisi Physic Active Days 2017 dengan tema “Explore The World of Physic” pada  Selasa (17/09) di Auditorium Lama Universitas Tadulako.

Dicky Fernando selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa Kompetisi Fisika di Untad telah di selenggarakan sejak tahun 2012.

“ Awal nya acara ini bernama “Pekan Raya Fisika” dari tahun 2012 hingga 2016. Khusus untuk tahun ini kami dari HIMAFI FMIPA Untad sepakat untuk menyegarkan kompetisi ini dengan mengusung nama Physic Active Days 2017. Acara ini di ikuti peserta dari Sekolah tingkat SD,SMP dan SMA se Kota Palu. Khusus untuk Tingkat SD, kompetisi akan berisi Lomba Roket Air sedangkan untuk SMP dan SMA berisi Kompetisi Teori/Praktek Sains Fisika. Jumlah total peserta yang mengikuti Physic Active Days 2017 berjumlah 231 peserta.” Jelas Dicky.

Dicky menambahkan bahwa acara berlangsung melalui beberapa tahap mulai dari babak penyisihan (pengisian soal), Lomba Roket Air untuk tingkat SD dan Lomba Praktek Ilmu Fisika untuk SMP dan SMA. Setelah melalui babak tersebut, peserta yang terseleksi akan masuk 10 besar dan kembali berkompetisi untuk memperebutkan Juara I, II dan III.

“ Pengumuman pemenang akan kami adakan bersamaan dengan Seminar Nasional Physic Active Days 2017 dengan tema “Teknologi Nuklir Untuk Masa Depan Indonesia”pada 29 Oktober 2017 dengan pemateri Prof. Djarot S Wisnubroto selaku Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Dr. Ir. Muh Basir Cyio SE., M.Si selaku Rektor Untad dan Kasman Ph.D selaku Akademisi Fisika FMIPA Untad.” Tambah Dicky

Panitia Physic Active Days 2017  juga menuturkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan fisika dengan cara yang menyenangkan. Kebanyakan murid sekolah masih banyak yang enggan belajar fisika karena selama ini Fisika di sampaikan dengan cara yang rumit sehingga diharapkan dengan ada nya kompetisi ini membuat minat anak sekolah untuk belajar Fisika semakin besar.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!