International Office Untad Selenggarakan Workshop Beasiswa, Lomba Pidato dan Penulisan Artikel Tentang Perancis

International Office Untad Selenggarakan Workshop Beasiswa, Lomba Pidato dan Penulisan Artikel Tentang Perancis

Bertempat di Theater Center Untad, International Office mengadakan program sosialisasi Workshop Beasiswa Perancis serta Lomba Pidato dan Penulisan Artikel tentang Perancis. Workshop yang terbuka untuk umum pada (08/03) Rabu kemarin di hadiri oleh Wakil Rektor, Wakil Kedutaan Perancis untuk Indonesia, Dekan, Dosen, Mahasiswa dan peserta umum yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Perancis.

Kepala International Office Untad, Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.Ag., Ph.D dalam sambutannya menuturkan bahwa dengan hadir nya workshop beasiswa Perancis ini di harapkan dapat melahirkan  Dosen Universitas Tadulako lulusan Perancis yang baru sehingga regenerasi para akademik lulusan Perancis asal Untad dapat terealisasikan.

“ Alumni Perancis asal Universitas Tadulako kini semakin senior dan Untad membutuhkan generasi yang baru agar dapat meneruskan generasi para akademik lulusan Perancis yang telah ada sebelumnya. Sehingga kami berharap dengan ada nya Workshop ini, Mahasiswa asal Universitas Tadulako yang ingin melanjutkan studi nya ke Perancis akan semakin mendapatkan kemudahan.” Ujar Prof. Marsetyo.

Dalam sambutannya, Prof. Marsetyo juga memaparkan bahwa budget untuk studi di Perancis tergolong murah jika di bandingkan dengan kuliah di beberapa Universitas di Indonesia. Kualitas nya pun tidak perlu di ragukan lagi jika memilih melanjutkan studi di Perancis. Oleh karena itu, Workshop ini juga diharapkan dapat memotivasi para generasi muda asal Kota Palu khusus nya Universitas Tadulako untuk melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Perancis.

Rektor Universitas Tadulako yang di wakili Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Mery Napitupulu, MSc. PhD dalam sambutan nya juga menyampaikan apresiasi nya atas terselenggara nya Workshop Beasiswa Perancis dan Lomba Pidato/Penulisan Artikel tentang Perancis. Beliau turut memberikan dorongan agar Putra Daerah asal Sulawesi khusus nya Untad untuk tidak kalah bersaing dalam mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di Perancis.

“ Untuk mahasiswa Universitas Tadulako yang ingin melanjutkan studi nya di Perancis, kalian semua harus confidance meskipun berasal dari Sulawesi khusus nya Untad. Oleh karena itu, manfaat kan kesempatan yang ada  saat ini untuk membuktikan bahwa kalian semua bisa melanjutkan studi di Perancis meskipun berasal dari Daerah.” Jelas Prof. Mery dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Bapak Anton Hilman selaku Wakil dari Kedutaan Perancis Untuk Indonesia menuturkan harapannya agar tahun depan Beasiswa Studi ke Perancis dapat di peroleh oleh Mahasiswa asal Kota Palu.

“ Selama ini penerima beasiswa Perancis masih di dominasi oleh mahasiswa dari Pulau Jawa dan Sumatera saja. Saya berharap dengan ada nya workshop ini, Mahasiswa dapat mempersiapkan diri nya khusus nya dalam berbahasa Perancis agar saat seleksi Penerima Mahasiswa Beasiswa ke Perancis dapat di raih oleh mahasiswa Untad dengan mudah. Semoga tahun depan Penerima Beasiswa nya berasal dari Kota Palu.” Jelas Pak Anton.

Kegiatan kemudian di pandu oleh Moderator Dr. Ir. Muh. Nur Sangadji, DEA bersama para dosen pengajar Bahasa Perancis di kelas International Office Untad, Prof. Dr. Ir. Syukur Umar, DESS, Prof. Konder Manurung, DEA, Ph.D dan Dr. Mohammad Noval SE., DEA untuk acara Lomba Pidato dan Penulisan Artikel tentang Perancis yang peserta nya berasal dari Pelajar SMA di Kota Palu dan Mahasiswa Untad.

Lomba Pidato dan Penulisan Artikel tentang Perancis yang telah berlangsung di lanjutkan dengan pengumuman pemenang usai kompetisi yang kemudian di akhiri dengan penyerahan Piala dan foto bersama. Pemenang Lomba Pidato dan Penulisan Artikel tentang Perancis tertera sebagai berikut :

 

JUARA PENULISAN ARTIKEL SISWA

JUARA I      : MUH. ADHITYA RAHMAT AZIS ( MAN 2 KOTA PALU)

“PERBEDAAN SISTEM PENDIDIKAN INDONESIA DAN PRANCIS”

JUARA II     : BASWAN ( SMKN 8 PALU)

“PRANCIS NEGARA WISATA”

JUARA III   : SITI JULAIKA (MAN 2 KOTA PALU)

“ADA PRANCIS DI AMERIKA”

JUARA PENULISAN ARTIKEL MAHASISWA

JUARA I      : AMBO ABDUL KADIR P. (UNTAD)

“SEJUTA ILMU PENGETAHUAN DI LOUVRE”

JUARA II     : KHUSNUL KHATIMAH (UNTAD)

“PRANCIS & MENARA EIFFELNYA”

JUARA III   : DEWIRTA (UNTAD)

“AKU JATUH CINTA KEPADA PRANCIS”

 

JUARA LOMBA PIDATO DALAM BAHASA PRANCIS

JUARA I      : FAJRUL HIDAYAT ( MAN 2 KOTA PALU)

“CULTURE EN FRANCE”

JUARA II     : AMALIA PUTRI ( MAN 2 KOTA PALU)

“L’EDUCATION EN FRANCE”

JUARA III   : WALDHI TRI PUTRA ABDULLAH (MAN 2 KOTA PALU)

“LA NOURRITURE EN FRANCE”

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!