Artikel

Percepatan Artikel Ilmiah Dosen

Untuk membantu Percepatan Artikel Ilmiah Dosen telah dibentuklah Tim guna membantu agar  artikel-artikel ilmiah Dosen Universitas tadulako segera terbit, hal tersebut untuk mendukung program kerja Rektor. Timnya sendiri terdiri dari 11 Orang. Dan sudah sekitar 11 yang telah menyerahkan artikelnya,  progres Untad sebanyak 43 Orang.

Diharapkan Dosen-dosen harus termotivasi menulis, kemudian tim bisa membantu artikel ilmiah mereka terbit. Dengan terbitnya artikel ilmiah sehingga Dosen yang lain lagi akan lebih terpacu untuk menulis, karena jika tidak ada bukti kerja yang terbit pasti mereka tidak termotivasi. Mudah-mudahan tim yang sudah terbentuk ini bisa solid untuk menerbitkan artikiel-ertikel ilmiah berikutnya.

Karena sekarang yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk akreditasi sebuah Perguruan Tinggi itu bagaimana ratio Guru Besar, Doktor serta Lektor Kepala harus memiliki ratio, jangan lebih banyak Doktor yang Lektor Kepala daripada Doktor Guru Besar sehingga akreditasnya dapat terangkat, itu sebagai catatan yang perlu diketahui dengan demikian jika mau menjadi Guru Besar sekarang ada jurnal yang terakreditasi Nasional atau Jurnal bereputasi.

Beliau juga menyampaikan, “Oleh karena itu dari 3 Program Studi S3 yang kita ajukan, Pendidikan Ilmu Sosial dan Pendidikan Sains, semua untuk sementara dimonitoring bahkan akan diproses manakala memenuhi persyaratan ilmiah. Jadi, harus dibuktikan bahwa 6 Orang dari staf pengajar akan menampung mata kuliah di Program Studi S3 itu memiliki tulisan yang terbit di tingkat Nasional yang terakreditasi, minimal 2 tulisan persatu jurusan. Ini merupakan upaya percepatan kenaikan jabatan terutama Lektor Kepala dan Guru Besar tapi yang menduduki juga Rektor berpeluang untuk menduduki jabatan Guru Besar”. YL