Humas Untad Gelar Workshop Fotografi dan Penjurian Terbuka

Humas Untad Gelar Workshop Fotografi dan Penjurian Terbuka

 

Lebih dari 30  peserta hadir dalam workshop fotografi sekaligus penjurian terbuka lomba Foto landscape Universitas Tadulako (Untad) yang bertema “Universitas Tadulako Dalam Bingkai” yang digelar pada Sabtu (3/9). Acara yang dibuka oleh Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untad, Rudy Gosal, SE, M.Si berlangsung di Ruang Senat Rektorat Untad.

Drs. Samsumarlin, M.Si selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Untad ke-35. Ada dua kegiatan yang dilaksanakan oleh Sub bagian Humas dan Sistem Informasi dalam memeriahkan pekan akademik Untad kali ini yaitu Pameran foto dan Lomba Foto. Pameran foto  dilaksanakan dari tanggal 18 Agustus sampai 5 September 2016 bertempat di gedung Media Center Untad.  Pameran ini  bertujuan untuk memperkenalkan Untad baik kepada Publik internal maupun eksternal dan memperlihatkan bagaimana perkembangan Untad dari masa ke masa. Adapun lomba Foto Landscape  terdiri dari dua kategori lomba yaitu foto landscape dan foto Instagram ,bertujuan untuk memberi kesempatan kepada khalayak peminat fotografi untuk berpartisipasi dan mengasah bakat seni mereka dalam kegiatan positif. Lomba ini dibuka pada 15 Agustus 2015 dan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2015.

“Kegiatan ini sesuai dengan harapan Rektor Untad, bahwa Pekan Akademik Untad kali ini diisi oleh kegiatan-kegiatan yang tentunya bernuansa akademik. Penjurian lomba foto landscape ini sengaja dilakukan terbuka agar siapa saja  termasuk mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam dunia fotografi bisa hadir untuk belajar dan berdiskusi tentang fotografi, jadi bukan hanya sekedar berkompetisi tapi juga mengedukasi” terang Samsumarlin.

Bertindak sebagai Dewan Juri pada lomba ini yaitu Joshua Marunduh, Selaku ketua Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia Sulawesi Tengah, Moh. Reza,ketua PaluFoto.Net dan Verry Rachmawan  selaku fotografer professional.

Menurut dewan juri, terdapat kurang lebih 100 foto yang masuk pada panitia namun tidak semua foto diikutkan dalam penjurian terbuka ini. Keselarasan tema, kreatifitas, Etika, dan  Genre merupakan  kriteria penilaian yang ditetapkan oleh para juri.

14273400_10210201338179649_2145197994_o

Setelah melalui diskusi alot terpilihlah enam foto terbaik yang dianggap layak untuk menjadi pemenang pada lomba kali ini. Untuk kategori Foto Landscape, Juara I diraih oleh Arnold Redi Hamid,Juara 2 diraih  oleh Moh. Sabri Abdul karim dan Juara 3 diraih oleh Moh.Rifqi. Adapun untuk kategori foto Instagram, juara I diraih oleh Andreas Randy, Juara 2 diraih oleh Fiqi J Bhayangkara dan juara 3 oleh Delti D Eisendring.

Sumber : Humas Untad (RFS)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *