Desember 08, 2016

GMT 2016 Merupakan Kesempatan Untuk Melakukan Pengamatan

GMT 2016 Merupakan Kesempatan Untuk Melakukan Pengamatan

UNTAD – Jelang peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada Rabu 9 Maret 2016, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam (FMIPA) Universitas Tadulako melakukan berbagai macam kegiatan jelang peristiwa langka tersebut. Seperti kegiatan yang dilaksanakan di Aula FMIPA Untad berupa Kuliah Umum, Talkshow Astronomi, dan juga Workshop Astronomi yang dilaksanakan pada Senin, 7 Maret 2015 yang bertemakan “Menyongsong Pengamatan Gerhana Matahari Total 2016”.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber yaitu dari Planetarium dan Observatorium Jakarta dan juga dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta.

Ketua FMIPA yang diwakili oleh sekretaris Jurusan Fisika Untad Eli Sesa, Ph.D dalam sambutannya mengatakan peristiwa gerhana matahari total ini adalah merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi bahkan jelang hari peristiwa GMT 2016 tersebut, pemberitaan GMT 2016 menjadi tranding topik di banyak media massa lokal maupun media nasional.

Selain Eli Sesa, Wakil Dekan FMIPA Rustan Efendi, Ssi Mt juga memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut cukup mengapresiasi kegiatan tersebut. Rustan mengatakan bahwa peristiwa langka GMT 2016 tersebut merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat salah satunya adalah melakukan pengamatan sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni oleh masing-masing mahasiswa khususnya Mahasiswa Untad.

Pada pelaksanaanya terdapat tiga agenda kegiatan yaitu kuliah umum yang dibawakan oleh Drs. Widya Sawitar, Talkshow Astronomi yang dibawakan oleh Muhammad Rayhan dan Workshop Astronomi yang dibawakan oleh Nurdiansah.

Sangat banyak materi ilmu pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa yang mengikuti ketiga agenda kegiatan tersebut diantaranya yaitu mahasiswa lebih mengetahui peristiwa apa saja yang terjadi pada saat GMT terjadi, bagaimana cara mengabadikan momen gerhana dengan dengan menggunakan berbagai macam jenis kamera dan juga mahasiswa diperkenalkan tentang penggunkaan teropong saat mengamati GMT, bagaimana cara melihat peristiwa GMT secara aman dengan menggunakan peralatan sederhana dan masih banyak lagi.(nky)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *