Desember 07, 2016

Fapetkan Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian

Fapetkan Laksanakan Uji Kompetensi Keahlian
Photo Credit To Tim Assesor Dr Ir Fadly Y Tantu MSi dan Dr Ir Jusri Nilawati MSc saat melakukan uji kompetensi kepada mahasiswa Fapetkan Untad

Jumat (29/07) Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Tadulako (Untad) melakukan Uji Kopetensi Lulusan, kegiatan ini mengangkat tema “Menuju Sumberdaya Manusia Peternakan Kompeten”.

Fapetkan saat ini telah menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk jurusan Peternakan dan Perikanan atas rekomendasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) dan lembaga sertifikasi Kelautan dan Perikanan.

Assesor kompetensi yang juga menjabat sebagai wakil dekan bidang kemahasiswaan Fapetkan Dr Fadly Y Tantu MSi mengatakan, uji kompetensi tersebut akan diikuti sebanyak 1.400 orang dari bidang peternakan dan perikanan.

“Uji kompetensi ini sangat penting bagi calon tenaga kerja yang ingin mendapatkan pengakuan berupa sertifikat yang berlaku se-Asean,” Ujar Dr Fadly seperti yang dikutip dari Mercusuar edisi Jumat (29/07).

Lebih lanjut, Dr Fadly menjelaskan pelaksanaan kompetensi di Fapetkan tak lepas dari dukungan BNSP dan LSP-PI kepada Fapetkan. “Fapetkan Untad telah memenuhi syarat untuk menjadi tempat uji kompetensi untuk peternakan, kelautan dan perikanan dan telah mendapatkan lisensi dari BNSP,” lanjutnya.

Tepat Ujian Kompetensi yang tersedia di Fapetkan ini tak hanya dapat diikuti oleh mahasiswa Untad, namun semua lembaga bidang peternakan dan perikanan yang menginginkan sertifikasi. Uji Kopetensi juga sebagai bentuk tengah masuknya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mana Indonesia juga termasuk di dalamnya.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *