Desember 03, 2016

ESQ Training Motivation Mahasiswa Untad

Training ESQ (Emosional dan Spiritual Quotion) adalah Training SDM yang hadir sebagai upaya membangun karakter Bangsa dengan konsep memadukan Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) dalam upaya meningkatkan kinerja, produktivitas dan Integritas diri yang menjunjung tinggi Nilai-nilai Moral.

ESQ Inhouse Training Mahasiswa merupakan sebuah program training khusus bagi sebuah lembaga atau organisasi kemahasiswaan. Belum lama ini ESQ Leadership Center bekerjasama dengan Universitas Tadulako untuk menyelenggarakan ESQ training motivation, dengan tema “Membentuk Mahasiswa Bidik Misi Yang Cerdas Berkompeten Religius dan Mampu Bersaing di Era Globalisasi”. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yaitu pada 08 – 09 Maret 2014 dan bertempat di Auditorium Untad.

Manfaat bagi pribadi Mahasiswa yang dapat diambil dari training tersebut antara lain, memahami visi tertinggi dalam kehidupan, memahami misi atau langkah-langkah atau cara pencapaian terhadap visi, memahami nilai moral yang menjadi kekuatan modal utama pribadi dalam menjalani kehidupan, serta menemukan makna spiritual dalam setiap aspek kehidupan, yang akan membuat sesorang memiliki kebahagiaan ketika menjalani kehidupannya, karena telah mampu menemukan makna dibalik setiap aktifitasnya.

Parameter keberhasilan IHT Mahasiswa berupa Indeks Prestasi Komulatif (IPK) karena merupakan penggabungan 3 (tiga) kecerdasan (IQ, EQ, dan SQ) melalui training ESQ dan akan mendorong Mahasiswa untuk mengeluarkan potensi terbaik. Dalam masa kuliah, nilai-nilai moral yang tumbuh dari sebuah Believe yang ditanamkan melalui training ESQ akan menjadikan mahasiswa memiliki tanggung jawab, disiplin dan motivasi yang tinggi dalam belajar, sehingga berdampak pada penyelesaian waktu kuliah yang ideal.  Kemudian dalam penyerapan sebagai tenaga kerja, korporasi/lembaga sangat mementingkan “Attitude (perilaku)” sebagai dasar utama penilaian dalam penerimaan karyawan dan berkarier. Attitude sebagai salah satu adalah konsentrasi utama training ESQ.

Training ini memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk menjaga nilai-nilai yang sudah tertanam pada diri peserta, maka dilakukan sebuah proses maintenance secara free of charge/ gratis, berupa Re Carge Spiritual Journey, alumni training ESQ mahasiswa dapat menjadi peserta training ESQ kembali di kelas training ESQ dimanapun berada. Renungan, bisa dilakukan 3-6 bulan sekali, sebagai remaind pada basic ESQ, waktu pelaksanaan sekitar 1-2 jam bisa dilakukan di kampus atau tempat lain yang ditentukan penyelenggara.

Untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan spiritual (SQ) khususnya bagi yang Muslim, juga diadakan training GeMAH (Gerakan Moral Asmaul Husna) dengan sebuah upaya untuk menghafal dan memahami makna dan nilai-nilai Asmaul Husna, dengan menggunakan metode yang mudah, menyenangkan dan cepat, yaitu mengefektifkan fungsi otak kanan dengan waktu pelaksanaan sekitar 1-2 jam.

Preview ESQ, memberikan presentasi kepada Lembaga, Orang tua atau Mahasiswa yang ingin mengetahui tentang “why you need ESQ ?”, dalam mengoptimalkan IQ-EQ-SQ dengan waktu pelaksanaan 1-2 jam.

Materi training ESQ way 165 antara lain, 1 value membangun kecerdasan spiritual, ESQ background yaitu memahami apa itu ESQ, ESQ outer journey ialah mengenal sang pencipta, ESQ inner journey bagaimana mengenal jati diri dengan menemukan inner voice, serta zero mind process merupakan proses membersihkan belenggu hati.

Selain itu juga diberikan materi 6 prinsip membangun kecerdasan emosional berupa, star principle ialah membangun keteguhan mental, angel principle membangun kesadaran spiritual, leadership principle yaitu membangun jiwa pemimpin, learning principle adalah kunci sukses pembelajaran, sementara vision principle menemukan visi tertinggi kehidupan dan well organized principle membangun optimalisasi peran dalam kehidupan.

Materi selanjutnya yang diberikan ialah, 5 langkah nyata membangun kecerdasan intelektual menuju sukses berupa mission statmen adalah menemukan pijakan awal menggapai cita-cita, character building yaitu membangun karakter mulia, self controlling mengajarkan membangun kemampuan pengendalian diri, strategic collaboration merupakan langkah menemukan kebahagiaan sejati setiap saat dan terakhir total action menunjukan aplikasi nilai-nilai 165 (1 value, 6 principle dan 5 action). YL  

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *