Sebanyak 7.328 Peserta Ikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Berbasis UTBK di Untad 

  • Post author:

Pada Selasa (30/04/2024) pagi, penyerahan Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) di Ruang Rektor Untad mengawali dimulainya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diikuti peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Untad. 

Dalam laporannya,  Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, ST., MT., M.Sc selaku Wakil Rektor bidang Akademik menuturkan bahwa pelaksanaan UTBK-SNBT ini dibagi dalam dua gelombang. 

“ Gelombang Pertama mulai dilaksanakan pada 30 April dan 2-7 Mei 2024. Kemudian Gelombang Kedua pada 14 – 15 Mei 2024. Pelaksanaan UTBK-SNBT di Untad diikuti oleh 7.328 peserta, yang telah melakukan pendaftaran secara daring pada 21 Maret – 5 April lalu,” ujarnya. 

Ia juga memaparkan bahwa jumlah ruangan untuk UTBK yang digunakan sebanyak 24 Ruangan dengan 466 Komputer yang tersebar di 7 lokasi diantaranya FKIP, FEB, FMIPA, FATEK, Lab Terpadu, Lab Bahasa dan Media Center Untad. 

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun kedua UTBK dilaksanakan sepenuhnya di Untad. 

“ Tahun ini, UTBK telah memasuki kali kedua dengan menggunakan fasilitas Untad. Meski gedung sedang dalam proses pembangunan, kami berharap  hal tersebut tidak menghambat proses UTBK 2024. Sebagai perguruan tinggi negeri terakreditasi Unggul, hal tersebut berpengaruh pada minat pelajar untuk melanjutkan studi nya di Untad. Meski begitu, jalur seleksi kali ini akan sesuai dengan pemeringkatan dan kuota yang tersedia. Sehingga hasil kelulusan peserta akan tergantung dengan standar passing grade yang ada,” ujarnya. 

Rektor turut menambahkan bahwa dengan adanya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), peserta yang lolos dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Untad akan benar-benar berdasarkan kemampuan peserta itu sendiri.  

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara resmi Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) UTBK – SNBT dan ditutup dengan peninjauan langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer di beberapa titik di Untad. AA