September 27, 2017

DWP FKIK Gelar Talkshow Osteoporosis

DWP FKIK Gelar Talkshow Osteoporosis

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan perempuan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan Talkshow Tentang Ostoporosis pada Kamis (8/9), di Aula FKIK.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Dokter Muh Ardi Munir, M.Kes., Sp.OT., FICS., MH., Wakil Dekan FKIK Bidang Kemahasiswaan yang membawakan materi tentang Osteoporosis, Deteksi Dini, Pencegahan & Penanganannya, dan Dokter Sumarni, M.Kes., Sp.Gk., yang membawakan materi tentang Diet Tepat Cegah Osteporosis.

Dalam pemaparannya, Dokter Muh Ardi menjelaskan bahwa faktor gender dan usia merupakan salah satu faktor penyebab resiko terjadinya Osteoporosis. Perempuan, utamanya yang telah berusia di atas 30 tahun, mulai rentan terhadap pengeroposan tulang. Namun Dokter Muh Ardi menegaskan bahwa Osteoporosis dapat dicegah dan juga disembuhkan.

Sementara itu, Dokter Sumarni menjelaskan bahwa salah satu cara untuk mencegah Osteoporosis adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang tepat untuk tulang, seperti kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin K, dan asam Folat. Kegiatan ini merupakan pertemuan rutin bulanan DWP Untad yang untuk pertama kalinya diadakan dalam bentuk Seminar.

Menurut ketua DWP FKIK, Dra. Tjitjik Rahmawati Romi, ini adalah kegiatan perdana DWP FKIK Untad, untuk itu ia ingin ada yang berbeda dari kegiatan-kegiatan sebelumnya. “Dharma Wanita FKIK adalah DWP termuda yang dibentuk di Untad, DWP FKIK ingin ada sesuatu yang berbeda dalam pertemuan rutin bulanan kali ini, untuk itu kami melakukan seminar tentang Ostoporosis. Kenapa Ostoporosis, karena kaum perempuan adalah yang paling rentan terkena osteoporosis, sehingga diharapkan dengan diadakannya seminar seperti ini dapat memberi pemahaman kepada ibu-ibu dharma wanita tentang apa itu osteoporosis, penyebab dan cara pencegahannya,”terang Tjitjik Rahmawati.

Acara ini disambut antusias oleh anggota DWP Untad, hal ini nampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pemateri saat sesi Tanya jawab berlangsung. Di akhir acara panitia juga memberikan doorprizes sebagai hiburan kepada peserta. (Riska-Humas Untad)

 

Editor: Taqyuddin Bakri

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!