Desember 07, 2016

Dies Natalis ke-4, FKIK Tunjukkan Komitmen Berikan yang Terbaik bagi Masyarakat

Dies Natalis ke-4, FKIK Tunjukkan Komitmen Berikan yang Terbaik bagi Masyarakat

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Tadulako (Untad) merayakan hari jadi yang ke-4. Perayaan atau Dies Natalis kali ini dipusatkan di Anjungan Pantai Talise, pada Minggu (24/1).

Dekan FKIK, Dokter Muh Mansyur Romi SU PA(K), dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan di Pantai Talise itu merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara. Sebelumnya, FKIK telah melaksanakan berbagai kegiatan, baik bersifat akademik maupun nonakademik untuk merayakan Dies Natalis ke-4 itu.

Dekan FKIK juga menegaskan bahwa Pantai Talise dipilih sebagai tempat kegiatan puncak agar FKIK dapat lebih menyatu dengan masyarakat Kota Palu dan Sulawesi Tengah. Hal ini, karena selain Pantai Talise sebagai pusat kegiatan masyarakat pada hari Minggu, juga untuk mempromosikan FKIK sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang kedokteran yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dokter Mansyur Romi mengharapkan melalui berbagai kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat, FKIK Untad dapat lebih dikenal. Apalagi, tidak lama lagi FKIK Untad akan memiliki Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) yang berlokasi di Untad. “Ini merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kedokteran dan kesehatan kepada masyarakat Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah,” ujar Dokter Mansyur Romi.

Sementara itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS menyampaikan bahwa usia empat tahun merupakan sebuah usia yang tergolong belia. Meskipun begitu, Rektor mengungkapkan kebanggaannya karena di usia yang belia itu, FKIK telah menunjukkan berbagai komitmennya untuk terus tumbuh dan berkembang.

Prof Basir Cyio juga mengemukakan bahwa perjalanan panjang suatu institusi amat menentukan derap langkah dan performa di masa depan. Dengan begitu, melalui komitmen yang ditunjukkan oleh FKIK, Prof Basir Cyio yakin bahwa kelak pada saatnya, FKIK Untad akan menjadi salah satu institusi bidang kedokteran yang diperhitungkan.

Keyakinan itu, lanjut Rektor, karena didasari oleh berbagai faktor. Salah satunya, di usia empat tahun, FKIK Untad telah merambah kancah internasional. “Beberapa waktu lalu, kerjasama dengan Newcastle University telah dibangun. Ini akan ditunjukkan dengan Seminar Internasional dan Workshop yang akan segera diselenggarakan dalam waktu dekat ini,” ujar Prof Basir Cyio.

Berkenaan dengan itu, Prof Basir Cyio juga menitipkan harapan agar FKIK di usianya yang ke-4 dapat terus dibimbing menuju arah yang semakin baik. Jika hal itu dilakukan, dalam kurun waktu 10 tahun mendatang, FKIK Untad akan sangat diperhitungkan serta dapat memberikan konstribusi maksimal bagi masyarakat di Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Puncak kegiatan Dies Natalis ke-4 itu juga dirangkaikan dengan Gerak Jalan Sehat. Kegiatan itu dihadiri juga oleh para wakil rektor, para dekan fakultas, para kepala lembaga dan biro, serta dosen dan mahasiswa FKIK Untad. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *