Desember 07, 2016

Dialog Anak dan Orang Tua Bahas Polemik PMJ

Dialog Anak dan Orang Tua Bahas Polemik PMJ

Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS dan sejumlah perwakilan mahasiswa bertemu untuk berdialog di ruang Gedung Rektorat lama Untad, Senin (24/8). Pertemuan itu dilangsungkan atas permintaan sejumlah pengurus BEM dan Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Untad untuk membicarakan tentang pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Jurusan (PMJ) di tiap fakultas.

Layaknya orang tua dan anak, dialog itu berlangsung lancar di mana mahasiswa yang menginginkan kejelasan atas surat edaran yang diterbitkan wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan tentang pelaksanaan PMJ yang tanggung jawab dan kewenangannya diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing pimpinan di fakultas.

Adanya perbedaan pemahaman tentang isi surat edaran tersebut menjadikan mahasiswa sebagai anak dalam hal ini meminta kejelasan kepada rektor sebagai orang tua. Salah satu pemahaman yang berkembang adalah tidak diperbolhkennya dilaksanakan kegiatan PMJ.

“Kami hanya melaksanakan Ormik, dan untuk pelaksanaan PMJ kita berikan tanggung jawab dan kewenangan kepada pimpinan di tingkat fakultas. Tidak mungkin urusan PMJ Rektor juga yang atur, kan jurusan ada di tingkat fakultas,” jelas Rektor.

Mahasiswa yang kesemuanya merupakan pengurus lembaga kemahasiswaan juga meminta penetapan waktu dan tempat pelaksanaan PMJ tidak dibatasi. Permintaan tersebut juga ditanggapi Rektor dengan jawaban yang sama yakni kewenangan penuh diberikan pada pimpinan di tingkat fakultas.

Akhir dari dialog memberikan hasil akan mempertemukan pimpinan di seluruh fakultas dalam hal ini Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dengan sejumlah perwakilan pengurus lembaga kemahasiswaan untuk membicarakan bagaimana pelaksanaan PMJ di masing-masing fakultas.

Dalam dialog tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Untad Prof Dr H Djayani Nurdin SE MSi dan juga Ketua Komisi Disiplin Untad Drs Bonifasius Saneba MSi.(hn)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *