Beri Pembekalan Kepada Mahasiswa, International Office Untad Adakan Pelatihan Bahasa Perancis

Beri Pembekalan Kepada Mahasiswa, International Office Untad Adakan Pelatihan Bahasa Perancis

Dalam rangka penguatan kapasitas dan  wawasan  internasional  mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), International Office Untad menggelar pelatihan bahasa Perancis, mulai Kamis (9/2) bertempat di kantor Internasional Office Untad. Pelatihan ini terbuka bagi mahasiswa  dan alumni serta staf Untad yang tertarik untuk mempelajari bahasa Perancis.

Dalam pelatihan tersebut, Peserta diberikan beberapa materi oleh Pemateri Handal yang merupakan Dosen Untad yang pernah belajar di Perancis. Prof. Dr. Ir. Syukur Umar, DESS menyampaikan penting nya belajar Bahasa Perancis di tengah era globalisasi yang penuh persaingan.

“ Bahasa Perancis menjadi penting karena saat ini Bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa Internasional PBB yang tentu saja sangat baik apabila mahasiswa dapat menguasainya. Selain menambah skill, menguasai lebih dari satu bahasa asing akan menjadi nilai plus tersendiri bagi Mahasiswa saat lulus dari perguruan tinggi. ” Ujar Prof Syukur.

Selain itu, Bahasa Perancis adalah bahasa resmi di 29 negara dan menjadi bahasa asing kedua yang banyak di pelajari setelah bahasa Inggris. Bahasa Perancis juga telah digunakan oleh 247 juta orang di 5 benua.

Suasana Pelatihan Bahasa Perancis di International Office Untad

Prof. Konder Manurung, DEA, Ph.D juga menuturkan dalam materi nya mengenai tips agar cepat fasih berbahasa Perancis. Beliau pernah belajar di Perancis di tahun 1994 yang dikirim oleh Pemerintah dari Universitas Tadulako.

“ Untuk dapat fasih belajar Bahasa Perancis tidak jauh berbeda dengan belajar bahasa Asing seperti bahasa Inggris. Pertama, anda harus menyukai untuk belajar bahasa asing. Kemudian anda harus sering berkomunikasi dengan orang yang juga senang dengan bahasa Perancis dan pelajari budaya dan masyarakat Perancis. Belajar bahasa asing itu sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang sulit itu jika kita kurang kemauan untuk belajar.” Tutur Prof. Konder kepada peserta Pelatihan Bahasa Perancis.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Mohammad Noval SE., DEA dalam materi nya menuturkan agar Peserta harus berani dan tidak takut salah untuk mengucapkan atau pun berbicara dalam bahasa Perancis. Selain itu beliau juga menyampaikan agar peserta dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya jika ingin mendapatkan kesempatan belajar di Perancis.

“ Peserta saya rasa sangat beruntung karena International Office Untad telah menfasilitasi anda semua untuk mendapatkan informasi lebih dalam tentang Perancis. Pada zaman kami, informasi mengenai Perancis cukup minim sehingga kami sempat kebingungan ketika akan belajar di Perancis. Jadi manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin jika anda ingin melanjutkan S2 di Perancis.” Jelas Dr. Noval.

Ditemui di ruangannya, Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.Ag., Ph.D, kepala International Office Untad, menjelaskan bahwa  pelatihan ini bertujuan untuk  peningkatan kapasitas mahasiswa dan membekali mereka dengan kemampuan bahasa sehingga mereka  tertarik untuk mengikuti program-program beasiswa khususnya untuk melanjutkan studi di Perancis.

“ Kegiatan ini adalah pelatihan bahasa pertama yang dilakukan oleh IO. Harapan kami program ini bisa memudahkan mahasiswa kita yang tertarik untuk studi di Prancis ,sehingga mereka memiliki modal kemampuan berbahasa yang tentunya akan bermanfaat untuk memperoleh beasiswa”.

Prof. Marsetyo menambahkan bahwa program ini juga dimaksudkan untuk menjaga sinergitas antara Warung Perancis Untad dengan Kedutaan Besar Perancis di Jakarta. Warung Perancis yang ada di International Office Untad telah berdiri sejak tahun 2015 untuk menjadi pusat Informasi mengenai Perancis dan memiliki kumpulan buku, komik, katalog budaya, info beasiswa serta bacaan lengkap mengenai Perancis.

“Rencananya Program Pelatihan ini akan dilaksanakan dalam tiga gelombang. Gelombang pertama bulan Februari sampai dengan Maret, gelombang kedua akan diadakan di April sampai Mei dan gelombang ke ketiga akan dilaksanakan pada bulan Juni dan Juli 2017, untuk gelombang pertama ini sudah ada 50 orang yang terdaftar” terang Prof Marsetyo.

Di akhir penuturannya, Prof Marsetyo berharap agar kegiatan ini akan diikuti dengan baik oleh mahasiswa sehingga setelah mengikuti pelatihan ini  akan ada peningkatan kapasitas serta meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa.

Lia Safitri Mahasiswa Akuntansi Untad yang turut serta dalam pelatihan ini berharap dengan mengikuti program ini ia dapat menguasai bahasa Perancis dan dapat mengikuti beasiswa untuk studi S2 di Prancis.

Penulis/Dokumentasi : Riska Fitrah Sari/Humas Untad & Arba Arief/Web Design-Admin Untad

Related posts

3 Comments

  1. Nur Madinah

    Assalamu alaikum .. mw tnya msih bsa mendaftar kelas pelatihan bhasa prancis untk bulan februari-maret ? Soal.y sy baru tw kalau ada pelatian bhs.pracis,ingin sekali ikut,msih bsa mendaftar untuk gelombang pertama ini ? Atau nnti tunggu gelombang kedua ? Mohon balasan.y bapak/ibu 🙂

    Reply
  2. Nur Madinah

    Assalamu alaikum .. mw tnya msih bsa mendaftar kelas pelatihan bhasa prancis untk bulan februari-maret ? Soal.y sy baru tw kalau ada pelatian bhs.pracis,ingin sekali ikut,msih bsa mendaftar untuk gelombang pertama ini ? Atau nnti tunggu gelombang kedua ? Mohon balasan.y bapak/ibu 🙂 ingin sekali ikut 🙂

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *